Covid-19 Sebabkan Peradangan Mis-C pada Anak, Mematikan?

- 3 Mei 2021, 11:30 WIB
Ilustrasi pemeriksaan pada anak.
Ilustrasi pemeriksaan pada anak. /Unsplash/ KELLY SIKKEMA

Ponorogo Terkini – Saat ini dokter sedang mempelajari kondisi peradangan yang disebut MIS-C pada anak.  Penyebabnya adalah paparan Covid-19.

Virus Covid-19 saat ini memang masih merajalela dan menginfeksi orang Pada tanggal 1 Juli saja, Florida mencatat hampir 10.000 kasus. 

Sejauh ini, tidak banyak anak-anak yang terkena virus, kata Jessica Mouledoux, MD, ahli jantung pediatrik di Rumah Sakit Anak Ochsner di New Orleans.

Baca Juga: Covid-19 Picu Melonjaknya Pengidap Agoraphobia

Namun sejumlah anak yang sudah terinfeksi Covid-19 menderita peradangan ekstrem yang berpotensi mematikan otak, jantung, paru-paru, dan ginjal. Dokter sedang mencari cara untuk mengenali kondisi awal dan mengobatinya secara efektif.

Penyakit ini sekarang dikenal sebagai sindrom inflamasi multi-sistem pada anak-anak (MIS-C) —pertama kali ditandai oleh UK Pediatric Intensive Care Society pada 27 April.

Namun, artikel Los Angeles Times baru-baru ini mengangkat kemungkinan bahwa kematian misterius di antara anak-anak yang terjadi pada Desember 2019 lalu mungkin disebabkan oleh MIS-C.

Baca Juga: Marcelo Jadi Petugas TPS di Madrid Sehari sebelum Semifinal Liga Champions

Sejak itu banyak kasus dilaporkan di benua Eropa dan tempat lain. Untungnya, sindrom ini jarang terjadi, lapor Kwang Sik Kim, MD, direktur penyakit menular pediatrik dan profesor pediatri di Johns Hopkins Medicine di Baltimore.

Halaman:

Editor: Yanita Nurhasanah

Sumber: The Healthy


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X