Kasus COVID-19 Meningkat, Dinkes Ponorogo Imbau Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

- 3 Mei 2021, 17:30 WIB
Disiplin memakai masker dan terapkan 5 M bisa cegah penyebaran virus COVID-19.
Disiplin memakai masker dan terapkan 5 M bisa cegah penyebaran virus COVID-19. /Pixabay/ Rottonara

Ponorogo Terkini - Masyarakat kembali diingatkan untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seiring meningkatnya kasus COVID-19 beberapa waktu terakhir, khususnya di daerah Ponorogo

Protokol kesehatan yang harus dilaksanakan adalah dengan mematuhi 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan juga menjaga jarak.

Melansir dari situs Pemkab Ponorogo, ajakan untuk berdisiplin dalam menerapkan portokol kesehatan ini diserukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Rahayu Kusdarini.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Covid-19 Sudah Direncanakan sedangkan Vaksin Berisi Mutasi Corona yang Menular?

 

Rahayu Kusdarini menyebutkan ada beberapa faktor yang membuat kasus COVID-19 di Ponorogo meningkat, antara lain mutasi virus yang membuatnya semakin berbahaya, serta keengganan masyarakat untuk segera berobat jika terkena gejala infeksi virus corona. 

Dijelaskan Rahayu bahwa kebanyakan masyarakat baru mendatangi rumah sakit bila kondisinya sudah parah, seperti sesak napas dan saturasi oksigen yang sudah sangat rendah, sehingga resiko kematian tinggi.

Irin, yang merupakan sapaan akrab Kadinkes Rini juga mengatakan bahwa penularan aran juga meningkat karena pasien suspek yang dirawat di rumah sakit memaksa untuk minta pulang, hal ini tentu bisa membuat masyarakat di luar terjangkit virus corona.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak di India, Korban Melampaui 18 Juta Jiwa

Halaman:

Editor: Yanita Nurhasanah

Sumber: Pemkab Ponorogo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X