Mumi Wanita Hamil Zaman Mesir Kuno Ditemukan, Saat Ini Satu-satunya di Dunia

- 3 Mei 2021, 16:30 WIB
Mumi Mesir yang hamil ditemukan pada penelitian para ilmuwan di Polandia.
Mumi Mesir yang hamil ditemukan pada penelitian para ilmuwan di Polandia. /Warsaw Mummy Project/Bartosz Bajerski

Ponorogo Terkini – Sebuah mumi Mesir kuno yang awalnya diyakini sebagai pendeta pria, tenyata dipastikan sebagai satu-satunya mumi wanita hamil yang pernah ditemukan.

Mumi ini berasal dari tubuh wanita yang dibalsem pada trimester ketiga kehamilan, kata para ilmuwan Polandia pada hari Jumat, 30 April 2021.

Marzena Ozarek-Szilke, seorang antropolog di Proyek Mumi Warsawa, mengakui menemukan sesuai yang aneh saat memindai mumi menggunakan CT scan di Museum Nasional di ibu kota Polandia.

Baca Juga: Gadis The Disaster Girl Mendadak Tajir Gara-gara Sebuah Foto

"Ketika saya melihat panggul yang lebih rendah, saya tertarik dengan apa yang ada di dalamnya ... Saya pikir saya melihat kaki kecil," kata Ozarek-Szilke.

Dia pun meminta suaminya, seorang arkeolog yang juga mengerjakan proyek tersebut, untuk melihatnya.

"Suami saya melihat foto itu dan sebagai ayah dari tiga anak, dia berkata: 'Wah, itu kaki'. Pada saat itu ... seluruh gambar mulai bersatu," kata Ozarek-Szilke kepada Reuters.

Baca Juga: California Khawatir Kekurangan Litium  karena Permintaan Kendaraan Listrik Meningkat 

Mumi itu datang ke Polandia pada abad ke-19 ketika Universitas Warsawa yang baru lahir sedang membuat koleksi barang antik. Selama beberapa dekade, mumi itu diperkirakan milik seorang pendeta Mesir kuno bernama Hor-Dehuti.

Namun, dalam sebuah penemuan yang terungkap dalam Journal of Archaeological Science pada hari Kamis, para ilmuwan di Proyek Mumi Warsawa mengatakan mumi itu sebenarnya adalah seorang wanita berusia dua puluhan yang hamil antara 26 dan 28 minggu.

Halaman:

Editor: Yanita Nurhasanah

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X