Profil Rektor UI Ari Kuncoro yang Diizinkan Jokowi Rangkap Jabatan Komisaris BUMN

- 21 Juli 2021, 09:45 WIB
Ari Kuncoro saat menggelar presentasi di agenda 7 Calon Rektor UI pada September 2019.
Ari Kuncoro saat menggelar presentasi di agenda 7 Calon Rektor UI pada September 2019. /Tangkapan layar/website UI

Ponorogo Terkini - Rektor UI  Prof. Ari Kuncoro S.E., M.A., Ph.D terpilih memimpin untuk periode 2019-2024.

Ari Kuncoro didaulat sebagai pucuk pimpinan UI melalui Surat Keputusan Nomor 020/SK/MWA-UI/2019 tentang Pemberhentian Rektor UI Periode tahun 2014–2019 dan Pengangkatan Rektor UI Periode tahun 2019–2024.

Ari Kuncoro kerap memberikan pandangan terkini sebagai pengamat ekonomi.

Namun nama Ari Kuncoro menjadi perbincangan hangat saat dirinya diketahui rangkap jabatan sebagai rektor UI dan komisaris BUMN.

Baca Juga: Taring Erick Thohir Keluar, Kepemimpinan Bos Perusahaan BUMN yang Tak Sesuai KPI Harus Siap Dicopot

Dari jejak pendidikannya, Ari Kuncoro meraih gelar sarjana ekonomi (dengan konsentrasi ekonomi moneter) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI).

Selanjutnya Ari Kuncoro melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat dengan gelar master of arts dari University of Minnesota dan gelar Ph.D bidang Ilmu Ekonomi dari Brown University.

Karir di dunia akademis Ari Kuncoro dimulai dengan bekerja di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI pada tahun 1986 sebagai asisten peneliti. Selanjutnya di tahun 1994, Ari Kuncoro diangkat menjadi Research Associate di lembaga tersebut.

Bidang penelitian yang menjadi fokus Ari Kuncoro seputar ekonomi pembangunan, ekonomi perkotaan, ekonometrika dan organisasi industri.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Sosok Kemal Arsjad yang Ingin Ludahin Anis Baswedan, Dari Relawan hingga ke Komisaris BUMN

Halaman:

Editor: Dian Purnamasari

Sumber: ui.ac.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X